Ciri Ciri Penderita Penyakit Stroke

Ciri Ciri Penderita Penyakit Stroke

 Stroke merupakan penyakit yang dikategorikan sebagai salah satu penyakit mematikan. Di Indonesia, penyakit stroke ini menjadi penyebab kematian utama di bandingkan jenis penyakit lainnya.

Sedangkan, saat ini stroke menjadi penyebab utama kematian ketiga di dunia setelah kanker dan juga penyakit jantung. Bahkan menurut World   Health   Organization (WHO)   pada   tahun   2001,   jumlah penderita stroke   di   seluruh   dunia sebanyak   20,5   juta   jiwa   dan   5,5   juta   jiwa diantaranya telah meninggal dunia dengan Case Fatality Rate (CFR) 26,8%.

Lalu, apa itu sebenarnya penyakit stroke ?

Stroke adalah kondisi dimana terjadinya sumbatan pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak yang menyebabkan hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat.

Kondisi ini kemudian mengakibatkan beberapa gejala seperti ketidakmampuan untuk menggerakkan satu atau lebih anggota badan dari salah satu sisi badan, ketidakmampuan untuk mengerti atau berbicara dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun, http://www.ahlinyaobatherbal.com/apa-itu-stroke-definisi-dan-pengertian-menurut-who/.

Lebih lanjut lagi, Ahli syaraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dokter H Samino SpS(K) menjelaskan, stroke adalah gangguan fungsi otak, akibat terjadinya gangguan aliran darah ke otak.

Gangguan ini memang selalu muncul secara mendadak. ''Kalau gangguan fungsi otak yang terjadi bukan karena terganggunya aliran darah maka itu bukan stroke,'' jelas Samino. Aliran darah bisa terganggu karena beberapa sebab, yaitu pecahnya pembuluh darah, atau bisa juga akibat penyempitan/penyumbatan aliran darah ke otak. 

Apa penyebab penyakit stroke ?

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak Anda terganggu atau berkurang. Ini menghalangi otak Anda oksigen dan nutrisi, yang dapat menyebabkan sel-sel otak Anda mati.

Stroke dapat disebabkan oleh arteri yang tersumbat (stroke iskemik) atau bocor atau meledak pembuluh darah (stroke hemoragik). Beberapa orang mungkin mengalami hanya gangguan sementara aliran darah ke otak mereka (transient ischemic attack, atau TIA).

Lalu, apa saja gejala, ciri dan tanda penderita penyakit stroke ?

1. Kelumpuhan dari satu sisi tubuh
2. Kehilangan atau penglihatan kabur
3. Pusing
4. Kebingungan
5. Kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain
6. Adanya masalah dengan keseimbangan dan koordinasi
7. Kesulitan menelan (disfagia)
8. Sakit kepala tiba-tiba dan sangat parah sehingga rasa sakit yang menyilaukan seperti apa pun alami sebelumnya
9. Hilang kesadaran

Sementara itu, secara khusus terdapat juga gejala stroke ringan, diantaranya :

1. Kesulitan berbicara.
2. Penglihatan terganggu.
3. Pusing, kehilangan keseimbangan, atau tiba-tiba kesulitan berjalan.
4. Sakit kepala parah tanpa sebab yang jelas menjadi tanda stroke ringan.
5. Mati rasa tiba-tiba atau kelemahan pada wajah, lengan, atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh.

Source : health.liputan6.com

Itulah gejala, ciri dan tanda penderita penyakit stroke yang dapat Anda kenali sedari awal untuk membantu mencegah komplikasi berbahaya dari penyakit stroke.

Baca juga artikel lainnya :

Tanaman Obat Stroke Herbal Paling Ampuh

Posted by  Ciri Ciri Penderita Penyakit Stroke

Ciri Ciri Penderita Penyakit Stroke

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts

Popular Posts

Unordered List

Sample Text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.